Pentingnya Stand Gitar

IMG_1921.jpeg
Hallo, siapa yg suka main gitar? Kalo suka main gitar pasti ada lah ya gitar di rumahnya masing-masing. Dimana sih kalian biasanya simpen gitar? Di senderin ke tembok? Di gantung di tembok? Atau di gletakin gitu aja di kamar?  FYI nih guys “katanya” nyimpen gitar itu gak boleh sembarangan karna akan berpengaruh sama kondisi gitarnya itu sendiri, biasanya sih yg bermasalah itu neck / leher gitarnya jadi bengkok karna tertekan sama berat gitar itu sendiri kalau kita salah dalam menyimpan gitar kita guys. 
IMG_3289.jpeg
Sebagai ilustrasi aja ya guys, kira-kira betul gak sih bisa bikin bengkok neck? Pengaruhnya seberapa besar? Jadi gini guys, di gitar itu pada dasarnya sudah ada tekanan tarik-menarik oleh senar antara neck dan bodi yg di tandai dengan panah warna merah. Jadi kalo kita naro gitar kita sembarangan apalagi dalam waktu yg lama, kita hanya akan memperberat kerja neck karna harus menahan berat badannya sendiri menggunakan leher? Gawat juga yah guys haha siapa yg sanggup coba nahan berat badan pake leher? Nah akibat dari itu semua, neck/leher akan bengkok kearah depan yg di tandai dengan panah warna hijau. 
IMG_3287.jpeg
Tapi kan itu baru “katanya”, ya boleh aja dong yah semua orang kan bebas untuk berpendapat. Tapi kalo menurut saya sendiri sih kemungkinan neck bengkok karna gitar di senderin gitu memang ada kemungkinannya, tapi kecil. Kenapa? kita tau sendiri kalo tekanan yg di terima neck pada saat gitar kita senderin itu tidak sebesar tekanan senar pada bodi dan neck! Jadi kalo cuma di senderin doang sih gak seberapa berat membebani neck ketimbang tarikan senar itu sendiri, apalagi kalo kita pake senar yg ukurannya besar atau Extra-Hard Tension yah kebayang dong yah gimana pegelnya si leher nahan tarikan senar haha, tapi gitar yg bagus itu pasti udah di design agar kuat di bagian neck untuk hal itu jadi kita tenang-tenang aja lah gak udah risau. Jadi kalo menurut saya mendingan senar di kendorin aja kalau gitar gak di pake dalam waktu yg lumayan lama karna tekanan senar itu besar banget yah guys.
IMG_3288.jpeg
Tapi saya tetap menyarankan untuk tetap menggunakan stand gitar yah guys! Kenapa? Karna kalo kita pake stand gitar setidaknya gitar-gitar kita bakal lebih nyaman duduknya, lagian kan jadi rapih dan enak di lihat kalo pake stand. Sukur-sukur bisa memperingan kerja neck yg udah susah susah menahan tarikan senar seperti yg sudah di jelaskan diatas yah guys. BTW kalian ada yg berencana mau bikin stand gitar sendiri gak? Daripada beli mending bikin dong yah, bisa bikin stand yg muat banyak gitar sekalian. Kalo kalian lihat gambar pertama diatas dan mau membuat stand seperti itu, tunggu postingan saya selanjutnya.. terima kasih

Komentar